Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sangat menyenangkan jika Anda memiliki partner dalam melakukan hal-hal yang Anda sukai. Contohnya dalam membuat konten untuk blog Anda yang sedang dibangun saat ini, kanal Youtube, atau bahkan kanal Podcast.

Menjalin kerjasama dengan orang lain memiliki banyak keuntungan. Misalnya saja, konten segar yang selama ini tidak pernah Anda pikirkan atau bahkan keahlian baru yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan kualitas postingan Anda.

Jika Anda berpikir untuk berkolaborasi dengan orang lain, bisa dari lintas profesi atau bahkan sesama blogger di luar sana, tentu ada tipe konten yang bisa Anda pilih agar proses kolaborasi ini memiliki konsep yang rapi dan tentu saja tak membingungkan pengikut Anda.

Berikut ini 5 tipe konten yang memungkinkan Anda untuk berkolaborasi.

1. Podcast Transcripts

Membuat kanal Podcast sangat menyenangkan bagi beberapa orang karena mereka tidak perlu menuangkan apa yang dipikirkan ke dalam tulisan, tapi langsung mengucapkannya secepat pikiran itu datang. Anda berbicara tentang niche yang telah Anda siapkan dan semua berjalan dengan sangat menyenangkan.

Tapi tentu Anda ingin mengambil lebih banyak pengunjung dan pengikut dari konten yang sedang Anda bahas.Membuat transkrip dari audio Podcast bisa menjaring pembaca blog yang tidak sempat mendengarkan Podcast Anda. Ini bisa jadi jembatan para pengunjung yang tak sempat mendengarkan audio menjadi pembaca blog yang antusias dengan cerita Anda.

Jadi melibatkan orang untuk mentranskrip ulang audio Anda adalah proses kolaborasi yang cukup menarik dan efektif. Satu konten untuk dua kanal sekaligus dan ini adalah pekerjaan yang cukup efektif untuk menambah konten dalam waktu yang bersamaan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, bahwa tidak semua pembicaraan bisa ditulis ulang karena akan terlihat canggung. Pilih kalimat dan poin-poin yang penting dan saring menjadi beberapa paragraf saja. Dengan ini, para pembaca bisa memahaminya dengan baik dari format tulisan.

Baca Juga  5 Cara Agar Buyer Membeli Di Toko Online Anda

Selebihnya jika masih penasaran mungkin mereka bisa mencoba mendengarkan Podcast Anda.

2. Interviews

Menggali informasi dari narasumber di luar sana menjadikan blog Anda semakin berbobot dan variatif. Temtukan narasumber yang tepat, lakukan wawancara dan tulis ke dalam blog Anda. “Menjual” sosok yang Anda wawancarai dan hal keren apa yang didapatkan dari interaksi ini akan membuat para pengunjung Anda penasaran dan mendapatkan informasi valid yang menyenangkan.

Terlebih lagi, semua pertanyaan yang Anda ajukan, merupakan pertanyaan serupa yang juga ingin ditanyakan pada narasumber Anda.Berkolaborasi dengan orang lain sebagai materi wawancara memiliki banyak peluang kerja sama.

Misalnya obyek Anda ingin mempromosikan sesuatu dan ini adalah cara yang bagus untuk saling mempromosikan. Pilih narasumber, siapkan pertanyaan unik, dan mulailah perbincangan dengan menyenangkan. Ini akan jadi konten yang bagus untuk postingan Anda selanjutnya.

3. Video Vlog

Tak sulit menemukan handphone dengan fitur kamera canggih saat ini. Anda bisa menggunakan kameranya untuk merekam kegiatan Anda yang mungkin sangat bermanfaat bagi orang lain dan menarik perhatian mereka. Misalnya Anda sedang berada di depan konser artis terkenal dan memberikan gambaran betapa serunya berada di sana.

Merekam video lebih mudah dibandingkan Anda harus menulis ulang dan mengingat semua kejadian yang Anda alami seharian ini. Seiring berjalannya waktu, para pengunjung blog juga menjadi penikmat video yang tak bisa Anda abaikan begitu saja.

Tak ada salahnya menjadikan video vlog salah satu konten Anda dan tinggal menambahkan beberapa ulasan dari video tersebut. Jika Anda merasa kurang mahir dan canggung untuk merekam kegiatan Anda sendiri, di sini saatnya Anda berkolaborasi denga videographer professional.

Memilih videographer yang juga memiliki minat dalam dunia blog bisa jadi cara yang ampuh untuk membuat kolaborasi ini jadi lebih mengasikkan karena semuanya memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan konten.

Baca Juga  4 Cara Agar Pembeli Tidak Lari Ke Toko Online Sebelah

4. Guest Blogs

Berkolaborasi dengan blogger lain tampaknya tipe konten yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa mencari rekan yang juga blogger aktif dan ajak mereka untuk menulis di blog Anda.

Dengan membangun lintas pengunjung seperti ini, kolaborasi tidak hanya membangun komunitas bagi sesama bloger tapi juga memberikan perspektif luas kepada pengunjung blog Anda tentang niche dan pembuat konten lain di luar sana.

Dengan menghadirkan penulis lain, Anda tidak perlu memikirkan konten karena dia paling tahu konten yang sesuai. Ditambah lagi Anda juga memiliki pembalajaran baru dari perspektif yang berbeda tentang suatu masalah dan Anda bisa menanggapi tulisan tersebut untuk menjadikannya lebih berimbang.

5. Blog Series

Membuat blog series bisa membangung kedekatan terhadap pengunjung blog Anda dan membuat mereka bertahan untuk postingan selanjutnya. Blog yang Anda buat dipisah menjadi beberapa bagian dan tentu saja selalu ada hal menarik dan baru yang bisa ditampilkan di setiap episodenya.

Pilih niche yang bagus dan saat ini sedang hangat dibicarakan oleh orang banyak, dan jadikan sebagai blog series untuk satu bulan ke depan misalnya. Coba untuk melihat apa yang sedang tren saat ini dan bisa dipecah menjadi beberapa postingan series.

Misalnya saat ini sedang populer acara olah raga di kota Anda dan semua orang tertarik untuk mengikuti setiap berita dan artikel yang berkaitan dengan acara olah raga tersebut. Anda bisa melibatkan banyak orang untuk membuat konten ini seperti narasumber yang beragam, rekan reporter, dan media lainnya untuk masuk ke dalam setiap seri blog Anda.

6. Breaking News

Tak perlu isi konten yang banyak, Anda hanya perlu sosok dan peristiwa yang tepat maka Anda bisa menggunakan tipe konten Breaking News untuk blog Anda. Anda tak perlu harus jadi wartawan untuk membuat berita singkat yang menarik perhatian.

Baca Juga  4 Cara Agar Pembeli Tidak Lari Ke Toko Online Sebelah

Bisa jadi informasi valid Anda dapatkan dari sumber berita terpercaya dan yang Anda lakukan adalah framing kembali ke dalam kacamata Anda dan paparkan dengan penjelasan yang cukup segar. Pengunjung yang telah mengenal Anda pastinya memahami kenapa Anda memilih materi tersebut dan bagaimana Anda menyampaikannya.

Ini bisa jadi konten yang ringan tapi berpotensi viral. Anda bisa mencantumkan sumber berita dari situs lain atau bahkan blogger lain dan ini adalah bentuk kolaborasi yang sangat mudah.

Leave a comment